KERTAMUKTI -  Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir secara resmi membuka pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, Selasa (2/3/2021).  Bupati mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan itu karena memberi manfaat yang luar biasa bagi pembangunan di Kabupaten Sumedang. "Di TMMD ini ada sejumlah kegiatan, seperti membangun jalan, pembuatan, beronjong, rehab masjid, dan bantuan pertanian. Jadi ini lintas sektoral untuk membangun desa," kata bupati.

Dony mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyrakat dan meningkatkan nilai-nilai kegotongroyongan. "Bagaimana tenaga tidak dibayar, tentunya ini bagian dari partisipasi masyarakat dan kegotongroyongan. Tentunya ini harus dijaga, dipelihara dan dipertahankan," katanya.

Bupati mengatakan, dengan dibangunnya jalan poros desa akan mempermudah akses orang dan barang, memperlancar ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Jika akses jalan mantap, kata Dony, maka perekonomian akan lancar.  "Kesimpulannya TMMD ini menjadi solusi untuk masyarakat, menjadi wahana selektif dan aplikatif bagi masyarakat untuk menyelesaikan masalah pembangunan desa. Karena kalau desa maju, kecamatan maju, maka kabupaten akan maju," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)