SUMEDANG.KAB.GO.ID, PEMKAB – Bupati Dony Ahmad Munir mendoakan penikmat kopi Sumedang bahagia. Sedangkan Kabag Humas Pemkab Sumedang Asep Tatang Sujana mendoakan penikmat kopi Sumedang berpahala. Pernyataan itu disampaikan dengan tulus kepada para penikmat dan penyuka kopi asli Sumedang. Pasalnya, dengan menikmati kopi asli Sumedang maka akan turut menyejahterakan petani kpi dan pelaku kopi lainnya di Sumedang.

“Industri kopi asli Sumedang sudah bagus, produksinya kian meningkat karena kini banyak dikenal dan disuka oleh warga Sumedang, jadi saya doakan penikmat kopi Sumedang itu bahagia dan berpahala sekaligus petani kopinya sejahtera, penyeduh atau pengusaha kopinya juag sejahtera,” kata bupati, Minggu (6/9/2019).

Sementara, Kadis Pertanian Tanaman Pandangan dan Holtikultura Amim mengatakan, luas lahan tanam kopi sejumlah 3200 hektare kini sudah dapat meningkatkan kesejahteraan petaninya. Meski belum signifikan, namun sudah dapat memberika kepastian penghasilan. Peminatnya sudah banyak alias dari tangan-tangan petani inilah, green bean kopi sudah ditunggu oleh para pelaku industri kopi.

Pelaku industri kopi dapat disebutkan mulai dari petani, roasted, dan barista hingga pengusaha kedai kopi. Di rantai industri kopi itulah mereka mendapatkan penghasilan yang pasti karena peminat kopinya sudah semakin banyak.

“Jadi memang betul jika pemkab Sumedang mendoakansupaya  penikmat kopi Sumedang bahagia,” kata Amim.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)