KUTAMAYA - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-74 Tahun 2020, di halaman Gedung Pusdai Islamic Centre Sumedang, Jumat (3/1/2019).

Upacara yang mengangkat tema "Umat Rukun, Indonesia Maju" dipimpin langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Turut hadir dalam acara tersebut Unsur Forkopimda, Ketua MUI, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang beserta jajarannya, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, para pimpinan Ormas Islam dan tamu undangan lainnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Sumedang, berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama agar dapat menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama ditanah air.

Menurutnya, tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik dilakukan, namun hal itu dilakukan dalam rangka menunjang pembangunan jiwa. Seiring dengan agenda reformasi birokrasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, ASN dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas serta bebas KKN.

Pelaksanaan puncak HAB Kementerian Agama RI tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Satya Lencana bagi para pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sumedang yang telah mengabdikan diri, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan serta piala perlombaaan bulu tangkis, olimpiade robotik, pentas PAI dan Hardrock Bospenas. [vrs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)