Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir  resmi menyandang gelar strata 3 atau doktor pada bidang studi Ilmu Akuntansi dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Orang nomor satu di Sumedang  berhasil mempertahankan disertasi mengenai Sistem Pengendalian Internal terhadap Penyimpangan Dana Desa pada sidang promosi doktor di Gedung Pusat Ilmu Pengetahuan atau Knowledge Center, Kampus Unpad Bandung, Jumat 28 Februari 2020.

Di hadapan tim promotor, Dony memaparkan disertasi berjudul Pengaruh Implementasi Good Village Governance, Kompetensi Aparat Desa dan Implementasi Sistem Pengendalian Internal terhadap Penyimpangan Dana Desa dan Implikasinya terhadap Kinerja Pemerintah Desa“. Survey yang dilakukan pada Pemerintah Desa di Kabupaten Sumedang.

Menurut Dony, dasar pemilihan disertasinya itu  selain masih menjadi salah satu penelitian yang sangat jarang dipilih, juga dilatarbelakangi kondisi eksisting,  Dana Desa  saat ini jumlahnya mengucur sangat besar. "Apabila Dana Desa tidak dikelola dengan baik oleh orang-orang yang memiliki kemampuan baik, maka sangat riskan menimbulkan kebocoran bahkan bisa berakibat hukum, yang merupakan akibat dari apabila adanya penyimpangan Dana tersebut," ungkapnya.

Dony menuntaskan penelitian di tengah kesibukan menjalani aktivitas sebagai Bupati Sumedang. “Saya bersyukur dan berharap ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Sumedang dan menjadi faktor penunjang pencapaian visi Sumedang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif (Simpati) pada tahun 2023,” katanya.

Sidang promosi dimulai pukul 13.30 WIB dihadiri keluarga, kerabat, para pejabat dan kolega Bupati Sumedang. Mereka  menyampaikan ucapan selamat dengan mengungkapkan harapan atas diraihnya gelar akademik prestisius yang dicapai seusainya prosesi sidang.

Kepala Bappeda Sumedang, Tuti Ruswati berharap gelar doktor yang disandang oleh Bupati Sumedang akan membawa dampak positif terhadap kepemimpinan yang sedang dijalankan pimpinannya tersebut.  "Acara sidang terbuka promosi doctor berjalan dengan lancar sesuai. Setelah diraihnya gelar doktor, saya secara pribadi selaku pembantu beliau dan umumnya masyarakat Sumedang merasa bangga. Semoga hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap kepemimpinan yang sedang dijalankan beliau di Kabupaten Sumedang," kata Tuti. (hms/vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)