SINDANGRAJA -  Bupati H Dony Ahmad Munir melepas peserta gerak jalan santai Launching Pembentukan Model Kelurahan Kebangsaan di Gedung Kesenian, Pacuan Kuda Sindangraja, Kelurahan Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, Sabtu (23/11/2019).

Bupati H. Dony Ahmad Munir mengajak warga Sumedang untuk bersyukur karena telah menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang aman dan damai. Penduduknya diberi kebebasan untuk beribadah sesuai kepercayaannya masing-masing, bebas beraktivitas dan bekerja, bebas mengenyam pendidikan, dan kebebasan lainnya tanpa dikhawatirkan oleh berbagai ancaman yang mengganggu keselamatan.

“Kondusifitas yang ada ini harus kita syukuri dengan menjaganya dan mempertahankannya. Mari kita jalankan konsensus bernegara kita yang telah ditetapkan oleh ‘The Founding Fathers’ untuk hidup bersama dalam keberagaman dengan wadah NKRI, dengn dasar Pancasila  dan UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Bupati mengingatkan bahwa syarat melaksanakan pembangunan adalah adanya kebersamaan, kerukunan, dan toleransi diantara seluruh unsur masyarakat yang ada.

“Sumedang bisa maju kalau seluruh pihak atau komponen hidup rukun dalam semangat kekeluargaan. Kita bisa menjaga kebersamaan sesama anak bangsa kalau saling membantu, saling menghargai, dan bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita bersama,” katanya.

Bupati mengharapkan  Kelurahan Kotakaler menjadi role model pembauran kebangsaan di tingkat kelurahan yang bisa dicontoh oleh desa atau kelurahan lainnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, perwakilan unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, Camat, dan  Lurah, pimpinan BUMD, jajaran pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sumedang, Forkopimka Kecamatan Sumedang Utara, para Kades dan Lurah se-Kecamatn Sumedang Utara, Lurah Kotakaler beserta perangkat kelurahan, Ketua dan Anggota LPM kelurahan, pimpinan Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, serta warga masyarakat Kelurahan Kotakaler. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)