Dengan kepemimpinan yang baru, Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) harus siap bekerja keras sehingga mampu merealisasikan berbagai program dan rencana aksi demi tercapainya tujuan organisasi. 

Hal itu dikemukakan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir di hadapan 40 orang Dewan Pengurus Cabang (DPC) IWAPI Kabupaten Sumedang periode 2021-2026 yang resmi dikukuhkan, Rabu (19/22) di Gedung Negara.  

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan No.002/DPD-IWAPI JABAR/1/2022 tentang Kepengurusan DPC IWAPI Kabupaten Sumedang periode Tahun 2021-2026. 

Bupati mengatakan, kepemimpinan transformasional merupakan sebuah gaya kepemimpinan yang mengidentifikasi perubahan yang diperlukan serta menyusun visi yang akan membuka jalan bagi perubahan. 

"IWAPI harus menjadi agen perubahan untuk Kabupaten Sumedang. Untuk itu, IWAPI Kabupaten Sumedang harus memiliki karakter pemimpin yang mampu mengidentifikasi perubahan, menyusun visi, membuka jalan dan merelisasikan  seluruh program," ujar Bupati. 

Bupati mengharapkan agar pengurus IWAPI memiliki sikap pemimpin yang adaptif, berpikiran terbuka, serta progresif untuk menjadi yang terdepan. 

"Saya harap IWAPI bisa menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Sumedang yang mewarnai, proaktif serta menjadi bagian pencipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," katanya. 

Ketua Umum DPC IWAPI Sumedang yang baru dilantik Lia Yuliani Kurnia mengatakan, di bawah kepemimpinannya para pengurus dan anggota IWAPI Sumedang Periode 2021-2026 siap terus berkolaborasi melaksanakan berbagai program sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. 

"Ada tiga prioritas program kerja yang akan dilakukan IWAPI Sumedang. Pertama yaitu penguatan struktural dan penguatan SDM pengurus serta anggota baik secara kualitas dan kuantitas. Kedua penguatan jejaring untuk pengembangan usaha para anggota dengan berkolaborasi dengan pihak ketiga sehingga peran organisasi akan dirasakan manfaatnya secara nyata," ujar Lia. 

Ditambahkan Lia, program prioritas yang ketiga yaitu penguatan sistem manajemen sehingga dapat bersaing di jenjang yang lebih tinggi. 

"Ini merupakan program kita bersama. Untuk itu, saya harap IWAPI bisa memberikan kemanfaatan yang nyata di Kabupaten Sumedang," tutur Lia. 

Sementara itu Ketua DPD IWAPI Jawa Barat Masrura Ram Idjal dalam tayangan video mengucapkan selamat dan sukses kepada DPC IWAPI Kabupaten Sumedang yang telah dikukuhkan. 

Kepada ketua yang terpilih diharapkan akan memimpin IWAPI Sumedang serta membuat program-program yang bermanfaat dan nyata sehingga IWAPI  Kabupaten Sumedang bisa dirasakan oleh masyarakat," ungkap Masrura. 

Hadir dalam pelantikan ini adalah Kadis Diskop UKMPP Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa,  Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Nandang Suparman, perwakilan dari Badan Kesbangpol Kabupaten Sumedang dan tamu undangan lainnya.(forkopimda? 

(penerbit: sumedangkab.go.id)