DLHK -  Menghadapi musim penghujan, Bupati Dony Ahmad Munir  meminta masyarakat Sumedang  untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengintensifkan kembali gerakan Jumat Bersih (Jumsih) sebagai langkah  antisipasi bencana. "Gerakan Jumsih merupakan langkah nyata masyarakat dan pemerintah dalam antisipasi bencana," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam surat yang ditujukan kepada para Camat se-Kabupaten Sumedang perihal Kewaspadaan Memasuki Musim Hujan 2020 serta berdasarkan hasil Focus Group Discussion yang menyajikan prakiraan berbasis dampak dalam pengurangan risiko bencana.

Para Camat diminta untuk melakukan pendataan serta pemantauan daerah rawan bencana longsor dan banjir untuk mitigasi bencana, termasuk menghimbau masyarakat  agar tetap waspada terutama yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir serta mewaspadai pohon tumbang.  "Pendataan serta pemantauan daerah rawan bencana longsor wajib dilakukan setiap Camat se-Kabupaten Sumedang, dan menghimbau seluruh masyarakat tetap waspada," katanya.

Bupati Dony juga mengharapkan setiap masyarakat untuk bergotong royong dalam gerakan Jumsih dengan mengeruk saluran air, drainase dan membersihkan gorong-gorong. [ver]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)