Bupati Minta Penghuni Rumah untuk Pindah Kosongkan Rumah


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
Pembangunan Desa Ranggon Dirasakan Langsung Masyarakat


CIHERANG - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan rombongan yang akan menuju ke Cimanggung memilih berhenti di pinggir jalan Bandung-Sumedang di RT 01 RW 02 Dusun Haurkoneng, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (1/3/2020).

Bupati mengatakan,  ia memonit beberapa titik rawan longsor, rawan banjir sekaligus ada acara di Cimanggung berkaitan peresmian ruang kobong baru bantuan Pemerintah Kabupaten Sumedang. "Titik pertama, monitoring potensi longsor di Ciherang Cadas Pangeran ada rumah yang sudah sangat rentan sudah. Saya langsung mengunjungi rumah itu untuk para penghuninya agar pindah dulu demi menyelamatkan jiwa, " katanya.

Tebing yang ambrol di atasnya ada rumah warga dihuni empat jiwa. “Saya meminta penghuni rumah untuk pindah dulu menjaga keselamatan jiwa dan harta benda karena rumahnya persis di bibir tebing yang longsor. Pinggir rumah dan halamannya tergerus longsor,” katanya.

Menurutnya, untuk penanganan longsor ini  BPBD, Dinas PUPR untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis mencegah longsor susulan dengan membuat penahan atau dirucuk. “Tembok penahan tebing atau TPT juga akan dibangun. Karena lokasi di jalan nasional akan berkoordinasi dengan Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (PPJN) PUPR Pusat,” katanya. [vrs]


Longsor, Bencana, TPT

Berita Terkait