SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Industri kopi asli Sumedang sudah menggeliat. Sebanyak 3200 hektare lahan kopi sedang diproduksi oleh sekitar 12 kelompok petani kopi. Dari tangan para petani inilah, green bean, roasted bean, hingga kopi siap disuguhkan kepada seluruh penikmat kopi dalam acara Festival Kopi Sumedang, 7-9 Oktober 2019 di Wisma Gending.

Akan hadirnya festival tersebut, menurut Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bertujuan untuk semakin meningkatkan industri kopi di Sumedang. Mulai dari penanamannya, roastednya hingga penyeduhannya.

baca juga: bupati-doakan-penikmat-kopi-sumedang-bahagia

Di sisi lain, kopi asli Sumedang berkontribusi banyak terhadap kualitas kopi prianger yaitu kopi berkualitas di Jawa Barat. Sayangnya, fakta ini belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat luas termasuk oleh penduduk luar Sumedang.

“Nah, makanya kalau minum kopi Sumedang itu ya harus di Sumedang,” kata bupati, Sabtu (5/10/2019).

Festival kopi yang akan berlangsung selama tiga hari pekan depan ini sekaligus juga untuk memperkenal Sumedang yang kini sudah bergeliat di industri kopi. Jadi, kalau untuk hanya biji kopinya saja, Sumedang memang menjadi penyumbang kopi berkualitas di Jawa Barat alias kopi java preanger.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)