SUMEDANGKAB.GO.ID.,GANEAS- Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir kembali memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar senantiasa tetap bertahan ditengah pandemi Covid-19. Menurutnya, 

pemerintah pusat yang difasilitasi pemda kini telah menyalurkan bantuan bagi UMKM di Kabupaten Sumedang sebagai bentuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa hibah tambahan modal usaha.
Bantuan ini ditujukan untuk pedagang-pedagang yang biasa jualan di sekolah-sekolah, pedagang keliling gorengan dan makanan ringan lainnya.
Bantuan berupa modal maupun moral sudah diberikan sebagai ikhtiar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam rangka meningkatkan ekonomi kreatif.
"Selain memberikan bantuan modal usaha, Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan juga akan memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil ini. Bantuan sudah diserahkan melalui rekening dan Senin kemarin, dan bantuan diserahkan ke perwakilan UMKM di Pendopo Kawasan Pusat Pemerintahan," kata Bupati saat menghadiri peresmian Gerai UMKM PUGAR (Produk UMKM Ganeas Bersatu), Kamis (17/12).
Karenanya, lanjut bupati, dirinya meminta kepada penerima agar bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan produksi dan kualitasnya supaya lebih baik.
Ia menambahkan, para pelaku UMKM diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk serta menjalin kerja sama antar UMKM di Kabupaten Sumedang.
"Saya harap produk harus dikemas dengan bagus dan bersih sehingga mampu menarik pembeli untuk berbelanja di gerai. Produk yang dihasilkan pun harus berorientasi pasar, dan tentunya ini semua dalam rangka meningkatkan perekonomian," tuturnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)