TANJUNGKERTA - Bupati Dony Ahmad Munir meminta para pemuda di Sumedang meningkatkan keahliannya. Hal tersebut agar para pemuda memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. "Tingkatkan keahlian, ilmu pengetahuan, dan teknologi, agar bisa dan bersaing dan berkompetisi di dunia global seperti saat ini," kata Dony, saat menghadiri Gerak Jalan Santai memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, Senin (28/10/2010).

Pemuda, kata Dony, merupakan para penerus bangsa. Oleh sebabitu, pemuda masa kini harus punya daya saing untuk berkancah di dunia internasional. Sebab, menurutnya, para pemuda masa kini harus memiliki banyak keahlian.  "Harus ekpert diberbagai bidang, agar bisa bersaing dikancah internasional," ujarnya.

Bupati berharap, para pemuda terus berkreasi dan berpartisipasi untuk memajukan daerah masing-masing.  Ia menggambarkan, dengan Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda.  Lebih jauh bupati berpesan, agar para pemuda, khususnya di Sumedang, menjadikan semangat Sumpah Pemuda untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Pemkab Sumedang, kata bupati, juga mempunyai beberapa program unggulan untuk membantu mengembangkan keahlian pemuda. "Nilai semangat Sumpah Pemuda harus ditanamkan, dan dilaksanakan di kehidupan bermasyarakat, untuk memajukan daerah," katanya.

Dalam kesempatan itu bupati menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu. Selain itu juga melepas gerak jalan santai yang diikuti ratusan warga Tanjungkerta. []

(penerbit: sumedangkab.go.id)