RSUD - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir langsung menggelar rapat, pascakejadian longsor di Lingkungan Cilipung Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan. Rapat yang digelar di Ruang Direktur RSUD Kabupaten Sumedang, dihadiri pihak BPBD, TNI, Polri, lurah, camat, Dinas Kesehatan, dan RSUD Sumedang. 

Sebelumnya bupati mengunjungi rumah duka korban longsor dan menjenguk korban selamat di RSUD, Minggu (26/1/2020) "Kami gelar rapat dengan agenda mendengarkan kronologis kejadian. Dengan demikian kita harapkan bisa mengantisipasi kejadian serupa," kata bupati.

Ia menekankan kepada seluruh pihak terkait agar bisa mencegah jatuhnya korban.  "Terpenting jangan sampai ada jatuh korban lagi. Nyawa manusia harus diutamakan," katanya.

Dalam kesempatan itu, bupati menghimbau pihak terkait segera melakukan survei ke lokasi kejadian. Agar tidak terjadi longsor susulan. "Jangan sampai meluas. Beri himbauan kepada warga, kalau perlu diberi police line agar warga tidak datang ke lokasi itu lagi," katanya.

Dikatakan, antisipasi bencana harus dilakukan dengan cara mendeteksi tempat-tempat rawan bencana.  Kemudian, para camat, lurah, dan kades terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, agar tidak mendekati tempat rawan longsor. "Musibah itu kehendak Allah, tapi kita harus berikhtiar sebagai upaya pencegahan. Jika terjadi bencana, masyarakat harus segera hubungi nomor-nomor penting," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)