Bupati Sambut 450 Prajurit Raider


Baca juga : Bupati Sambut 450 Prajurit Raider


SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyambut 450 orang prajurit Yonif Raider/Prabu Kian Santang yang telah selesai bertugas di wilayah perbatasan Indonesia. Bupati bangga dengan kegigihan prajurit dan kerja kerasnya selama bertugas.

Upacara penyambutan dilakukan di lapangan upacara Yonif 301 Prabu Kian Santang, Selasa (10/12/2019). Wilayah penugasan adalah daerah perbatasan Indonesia Malaysia yaitu Kabupaten Sintang, Sanggau dan Kapuas Hulu.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada prajurit Raider yang telah selesai bertugas. Semoga apa yang telah dilakukan untuk negara mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Essa,” kata bupati.

Selama penugasan 9 bulan lamanya, menurut Komandan Yonif Raider 301/PKS Letkol Infantri Andi Hasbullah, prajurit tidak hanya harus mampu menerima kondisi lingkungan dan masyarakatnya saja sebagai tantangan penugasan, melainkan sisi moril prajurit juga perlu dikendalikan. Masih ada banyak tantangan lainnya yang harus dihadapi dan diselesaikan 450 prajurit Raider.

"Berpisah dengan keluarga selama 9 bulan tentu sangat memberatkan prajurit, hal itu harus tetap menjadi hal yang kami kendalikan agar tetap menjalankan tugas dengan baik, sehingga kami dapat pulang menyelesaikan tugas," kata Komandan Andi.

Sementara, Andi menerangkan bahwa tiga kabupaten perbatasan yang menjadi daerah penugasan prajurit harus mendapat perhatian pemerintah lebih baik dan lebih jauh lagi. Kondisi wilayah disebutkan sangat jauh dari yang diharapkan, baik fasilitas sarana pendidikan, pertanian serta permukiman  yang perlu banyak mendapat perhatian pemerintah.

Andi juga menambahkan  bahwa penugasan ini memiliki beberapa kegiatan khusus terutama di Kalimantan Barat tugas pokok mengamankan patok batas Malaysia dan Indonesia,

"Selama 9 bulan tentu ada tugas khusus salah satunya mengamankan perbatasan Indonesia Malaysia," katanya. ***(rtn)


yonif 301

Berita Terkait