Bupati Survei Jalan Lingkar Utara Jatigede


Baca juga : Jalan Lingkar Utara Jatigede Bakal Diaspal Tahun Ini


CISITU - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir bersama unsur Forkopimda meninjau Jalan Lingkar Utara Jatigede, Rabu (5/2/2020). Jalan bekas proyek Bendungan Jatigede yang melingkari bagian utara bendungan ini akan diaspal. 

Bupati mengatakan, kegiatan tersebut untuk melakukan survei terkait rencana pembangunan Jalan Lingkar Utara. Pada kesempatan tersebut, rombongan menyusuri Jalan Lingkar Utara mulai dari Pasiringkik, Desa Cinangsi, hingga Desa Pajagan Kecamatan Cisitu.  "Ruas Jalan Lingkar Utara ini sangat berdampak pada kemajuan pembangunan wisata Jatigede. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat sekitar pesisir Jatigede," katanya.

Menurutnyai, ruas jalan yang akan diperbaiki merupakan jalan proyek pembangunan Bendungan Jatigede. Ruas jalan terbentang dari wilayah Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, melewati Pajagan, hingga Pasiringkik Desa Cinangsi. Ruas jalan sepanjang lebih dari 12 km. "Tanah ini bekas proyek, milik Kementerian PUPR. Jadi kewenangannya ada di pemerintah pusat," ujarnya.

Dari 12 km panjang ruas jalan, baru 8 Km yang sudah dibebaskan. Dari 8 km tersebut, tahun ini sepanjang 3,8 km akan dilakukan pengaspalan oleh Kementrian PUPR.  "Yang 4 Km belum dibebaskan. Namun tanahnya sebagian tanah kas desa. Jadi mudah-mudahan nanti bisa mudah didapatkan," katanya.

Bupati menekankan, dirinya ingin meyakinkan titik yang dibangun betul-betul fungsional. Berdampak pada wisata Jatigede, dan memudahkan akses masyarakat sekitar. "Kami ingin memastikan ruas jalan yang dibangun betul-betul berdampak luas untuk wilayah Jatigede," katanya.

Rencananya, pembangunan ruas jalan akan dimulai sekitar Bulan April-Mei 2020. Meski demikian, bupati menargetkan perbaikan terus berlanjut tahun depan . "Sehingga ke depan Jatigede dikelilingi jalan yang representatif, ada jalan Lingkar Utara, Timur, dan Barat. Sehingga dengan jalan yang baik akan memudahkan orang datang ke Jatigede dan menikmati pemandangan dari pesisir," ujarnya. (agn)


Lingkar Utara Jatigede

Berita Terkait