Butuh Cabe? Tak Usah Beli, Tanam Saja Yuk!


Baca juga : Butuh Cabe? Tak Usah Beli, Tanam Saja Yuk!
Kerjasama Turunkan Angka Kemiskinan


SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL – Umumnya orang sangat suka makanan pedas. Mengolah bahan makanan di rumah pun, seringnya tak lepas dari bumbu cabe atau cabai. Nah, untuk sekedar butuh cabe saja, baiknya jangan beli ke warung, lebih kita tanam sendiri saja. Selain lebih banyak, lebih puas, juga lebih murah karena tak perlu setiap hari harus beli cabe ke warung.

Himbauan seperti ini dilakukan Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal kepada warganya. Sekretaris Desa Sirnasari Khair Nur Ilman mengatakan himbauan ini semata-mata agar warga bisa berkreasi sendiri dan memanfaatkan lahan kosong di rumahnya yang menurutnya sayang kalau tak dimanfaatkan. Jika taka da lahan kosong, tanam di pot pun masih bisa.

"Anjuran menanam cabe rawit sudah disampaikan ke para ketua RT pada rapat rutin desa. Agar masyarakat mulai menanam cabe rawit," ujar Sekretaria Desa, Sirnasari, Khair Nur Ilman, Sabtu (30/11).

Rencananya, Pemdes Sirnasari akan memberikan polybag dan jika memungkinkan bibit cabe rawit kepada warga. Sehingga warga mau menanam cabe rawit dalam kapasitas banyak.

"Sebenarnya banyak yang sudah mulai menanam. Tapi targetnya semua warga bisa menanam cabe rawit walau hanya di polybag," katanya.

Ilman menyatakan, tanaman cabe rawit tak membutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya. Sehingga semua masyarakat diyakini bisa menanamnya.

"Selain apotek hidup, cabe rawit juga harus jadi prioritas tanam oleh warga," ungkapnya.*** (nsa)


cabai, surnasari, jatinunggal

Berita Terkait