SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang yang berada di Jalan Mayor Abdurahman dinilai kurang refresentatif. Akibat bangunan yang kurang luas, saat ini tidak semua jenis buku milik Perpusatakaan bisa dipajang. Selain itu, kini sebagian buku bacaan saat ini disimpan dalam dus saja karena memang kalaupun mau di pajang sudah tidak ada tempat lagi.

Kepala Dinas Arsip dan Perpusatakaan Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin mengatakan akibat  bangunan yang terlalu sempit terkadang pelayanan juga kurang maksimal.

"Untuk menampung buku bacaan saja, saat ini Pusda Sumedang tidak bisa memajang semua buku, akibat ruangan yang kurang," jelas Dikdik, Jumat (11/9/2020).

Padahal lanjut Dikdik buku bacaan yang ada di Pusda Sumedang saat ini hanya sekitar 33.000 buku saja dan itu belum memenuhi standar untuk setingkat perpustakaan daerah yang minimal harus memiliki sekitar 100.000 ribu judul buku.

Namun demikian jelas Dikdik saat ini pihaknya terus melakukan penataan keberadan Pusda dan kalaupun suatu saat bupati mengijinkan Pusda untuk dibuka kembali,, pihaknya sudah siap dengqn protokol kesehatan.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)