Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DINKES - Jelang keberangkatan ke tanah suci yang direncanakan berangkat pada 18 Mei 2024 untuk gelombang pertma, mayoritas calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Sumedang sudah menerima.vaksin meningitis yang dilakukan pihak Dinkes Sumedang.

Vaksin meningitis ini penting dilakukan oleh setiap calhaj untuk membentuk antibodi sehingga calhaj terhindar dari serangan virus yang menyebabkan penyakit meningitis.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang Reny K Anton mengatakan pelaksanaan vaksin meningitis bagi calhaj sudah dilakukan di puskesmas dimana calhaj tersebut tinggal.

"Jadi untuk memudahkan pelayanan pelaksanaan vaksin meningitis di lakukan di puskesmas dan pihak Dinkes Sumedang mendistribusikan vaksin ke setiap puskesmas," jelas Reny Senin, 22 April 2024

Dijelaskan Reny walaupun saat ini hampir sebagian beaar calhaj telah menerima.vaksin meningitis, namun masih ada beberapa calhaj Sumedang yang belum mendapatkan vakain meningitis.

Hal ini lanjut Reny karena habisnya stok vaksin yang dikirim pihak Kemenkes, sehubungan adanya penambahan kuota calon jemaah haji Sumedang, yang awalnya 868 orang menjadi 902 orang.

Namun demikian, jelas Reny, calhaj tak perlu khawatir karena pihak Dinkes Sumedang sudah kembali mengajukan permohonan vaksin meningitis dan sebelum berangkat dipastikan tak ada calhaj yang terlewat menerima vaksin meningitis. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)