DARMARAJA -  Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja memperkenalkan para calon kades dengan cara berjalan kaki bersama mengitari kampung. Dalam proses memperkenalkan calon kades itu, sebanyak 5 calon kades diwajibkan jalan kaki mengitari jalan-jalan kampung di Desa Sukaratu.

Prosesi perkenalan calkades juga selain diikuti panitia juga diikuti oleh perangkat BPD, pegawai desa dan para pasangan calon kades.  "Ini tahap mengenalkan para calon ke masyarakat. Kami punya cara dengan semua calon berjalan kaki menemui warga. Rutenya pun semua dusun dijambangi," ujar salah seorang panitia pilkades, Iwan Setiawan, Minggu (19/1/2020).

Menurut Iwan, dengan cara begitu sangat efektif dan akan mengundang masyarakat untuk mau melihat para calon di setiap kampungnya.  "Silahkan para calon kades juga menyapa warga. Tadi masyarakat juga antusias saling sapa dengan calon kades," kata Iwan.

Menurutnya proses ini adalah tahapan sosialisasi bukan merupakan tahapan kampanye.  Tahapan ini agar masyarakat tahu sosok para calon kades termasuk nomor urutnya.  "Ya siapa tahu kan ada masyarakat ada yang belum tahu sosok calon kadesnya," katanya.

Ia berharap dengan terlaksananya tahapan sosialisasi akan mendujung kelancaran pilkades serentak yang akan digelar pada 8 April 2020 nanti.   Adapun nomor urut calon Kepala Desa Sukaratu antara lain, nomor urut 1 Undang Cahayar SE, nomor 2 Sahya Sukarya Putra, nomor 3 Cece Tohidi,S.H.,  nomor 4 Nenden Ermawati dan nomor 5 Milyana. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)