Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

PASANGGRAHAN BARU - Camat Sumedang Selatan Marlina ikut menanam pohon pada penghijauan program Pembinaan Lingkungan Hidup Kodim 0610/Sumedang, Senin (1/8/2023). Penghijauan dilakukan i Lingkungan Parigi Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan melibatkan juga Karang Taruna, Ormas, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. 

Camat Marlina mengatakan, penghijauan tersebut patut diapresiasi. Penanaman bibit pohon merupakan salah satu upaya menjaga lingkungan, lebih jauhnya mencegah bencana alam seperti longsor dan banjir. “Dengan kegiatan penghijauan ini dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam di Kabupaten Sumedang khususnya di Kecamatan Sumedang Selatan," kata camat. 

Perwira Staf Teritorial (Pasiter) Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf. Wawan Syarifudin mengatakan, 500 bibit yang ditanam diantaranya pohon rambutan, trembisi, picung, mangga, dan alpukat. "Program pembinaan lingkungan hidup ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah Sumedang dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya dalam kegiatan penghijauan," ujarnya.

Disampaikan, tujuan penanaman pohon ini demi terjaganya kelestarian lingkungan, keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara fungsi dan pemanfaatan laha. Selain itu juga terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana dan untuk mengendalikan polusi udara maupun banjir. “Kami ingin mengajak semua komponen masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup, guna menjamin kelangsungan makhluk hidup. Serta kelestarian ekosistem dengan harapan tercapai keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup untuk diwariskan kepada anak cucu kita,” katanya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)