Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

SUMEDANG SELATAN - Camat Sumedang Selatan Marlina menyebutkan, CEO I/OVuo Oy Helsinki Finlandia, Roy Nyberg sangat senang sekali dengan apa yang dibicarakan Bupati Dony tentang Cadas Pangeran, Citengah, dan Jatigede. Itu disampaikan Roy, kepada Forkopimcam Sumedang Selatan, dan BPBD, yang mendampinginya memantau Cadas Pangeran dan Citengah.

"Kami sebagai kepala wilayah menjelaskan bahwa longsor juga terjadi saat tidak hujan seperti waktu longsor batu (Cadas Pangeran) beberapa waktu lalu. Inilah yang kami sampaikan ke tamu dari Finlandia, mereka sudah melihat, memantau dan memahami bahwa memang diperlukan alat untuk mendeteksi pergerakan tanah," kata Marlina.

Selain itu kata camat, Roy sangat salut dengan Cadas Pangeran. Sebab, tidak jauh di bawah jalur Cadas Pangeran ada penduduk, dan nyaman tinggal di sekitar Cadas Pangeran.

"Yang paling beresiko itu cadas pangeran atas ke jalan bawah, sampai Mr. Roy itu juga geleng-geleng kepala. Karena resiko kehidupan di sini yang menerima kondisi alamnya," katanya.

Dengan demikian alat pendeteksi pergerakan tanah nantinya akan memberikan gambaran apa yang harus dilakukan.

"Lokasinya harus ada kajian dulu, kemudian ada MoU dulu, kemudian ada survei ulang titiknya dimana. Kami juga masih belum tahu tahapan kajiannya seperti apa, karena rombongan hanya satu hari, baru survey awal kemarin itu," tuturnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)