CIBUGEL -  Kepala UPTD Pertanian Ketahanan Pangan Kecamatan Cibugel, Aup Saefullah menyebutkan di Cibugel ada pengembangan komoditas kopi di Cibugel. Saat ini ratusan hektar lahan di tujuh desa di Kecamatan Cibugel sudah ditanami kopi. Para petani mendapatkan bantuan untuk mendukung pengembangan tanaman kopi di Cibugel. "Alhamdulillah belum lama ini para petani telah mendapat bantuan berupa bibit kopi dan pupuk dari pemerintah provinsi. Semoga jadi awal yang baik bagi pengembangan kopi di Cibugel," ujar Aup, Jumat (29/11/2019) 

Menurut Aup wilayah Cibugel yang berada di ketinggian antara 700-1500 mdpl sangat cocok untuk tanaman komoditas kopi. Dengan kondisi geografis itu,katanya, kualitas tanaman kopi bisa lebih baik. "Sekarang disetiap desa ada lahan yang khusus ditanami kopi. Kalau berdasar data yang kami dapat dari para kelomlok tani kini sudah kisaran 100 hektare tanaman kopi. Kedepan kita targatkan lebih dari ini," ujarnya. 

Ia berharap, para petani bersungguh-sungguh mengembangkan komoditas kopi. Sehingga Cibugel sebagai wilayah lahan perkebunan akan mendapatkan penghasilan dari komoditas kopi. "Kami sudah lakukan pemetaan kelompok dan rencana pengembangan tanaman kopi d isetiap desa. Dimungkinkan karena wilayah Cibugel banyak lahan kebun. Cibugel bisa jadi sentra kopi selain Rancakalong," ujarnya.(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)