CONGGEANG - Pemerintah Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang mencanangkan diri menjadi 'Desa Lengkungan Kayu'. Kepala Desa Cipamekar Deden Darmawan mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan LIPI untuk mewujudkan Desa Cipamekar menjadi desa Lengkungan Kayu. Kesepakatan antara Desa Cipamekar dengan LIPI akan diwujudkan dalam waktu dekat ini.

"Sebenarnya, kesepakatan secara pribadi antara saya dengan LIPI telah terjalin sejak lama. Namun, kesepakatan selanjutnya akan dilimpahkan dengan Pemerintahan Desa Cipamekar untuk mewujudkan Cipamekar menjadi Desa Lengkungan Kayu," ujar Deden, Jumat (3/1/2020).

Deden menuturkan, Lengkungan Kayu adalah teknik mebel untuk melengkungkan kayu yang biasanya menggunakan papan lebar. Dengan cara ini, kayu bisa dilengkungkan sesuai dengan ukuran yang pas dan diinginkan. Teknik lengkungan kayu bisa mengefisienkan bahan kayu semaksimal mungkin. "Dengan ada inovasi ini diharapkan efisiensi bahan kayu bisa maksimal. Teknik lengkungan kayu bisa mengefisiensi bahan kayu sampai sebanyak 50 persen," katanya.

Dijelaskan, biasanya teknik lengkungan kayu bisa dipakai di mebeler kursi yang berbentuk lengkung dan pembuatan sepeda kayu.  “Teknik lengkungan kayu pada kursi lengkung dan sepeda kayu hasil pembinaan LIPI peluncurannya dilakukan berbarengan di Bogor beberapa tahun lalu,” katanya.

Deden menuturkan, untuk tahun 2020, Pemdes Cipamekar sendiri akan menganggarkan untuk pelatihan lengkungan kayu dan perkayuan kepada pemuda, atau warga usia produktif. “Ini untuk mendidik para pemuda ilmu teknik lengkungan kayu sehingga mampu mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Deden mengatakan, Desa Cipamekar sebagai penghasil mebeler kursi dan lainnya cukup potensial. Di setiap RW dipastikan ada perajin kayu. Hampir 60 persen warga Desa Cipamekar memiliki keahlian mebeler kayu.  "Untuk pemasaran mebeler yang menggunakan teknik lengkungan kayu, terutama kursi sangat bagus. Beberapa waktu lalu saja ada warga dari Bali yang datang mencari orang penghasil produk yang menggunakan teknik lengkungan kayu. Mereka siap bekerjasama dengan Desa Cipamekar," ujarnya.  (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)