CIPANAS - Pemerintah Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta akan membuat objek wisata edukasi bagi anak-anak. Wahana yang akan dibangun di wilayah Dusun Babakan Caringin tersebut akan dinamakan Lahuta Mini Edukasi Adat.

"Pembangunannya baru dimulai beberapa hari ini. Nantinya akan ada tempat untuk bermain permainan tradisional seperti egrang, sorodot gaplok, congkak, oray-orayan, dan bancakan," kata Kepala Desa Cipanas Mohamad Asep Latipan, Jumat (21/2/2020).

Dikatakan, Lahuta Mini Edukasi akan berada diatas lahan seluas 2 hektar,e yang merupakan tanah kas desa. Lokasi tersebut merupakan lahan tidur. Langkah awal akan dibuatkan 20 bangunan tempat bermain di tempat tersebut. Bangunan akan dibuat dari bahan bambu dan kayu. "Kami memanfaatkan lahan tidur yang ada. Dari luas sekitar 32 hektare, yang kami pakai baru sekitar 2 hektare," katanya.

Selain tempat permainan tradisional tempat tersebut juga akan dibuatkan wedding area. Pembangunan objek wisata tersebut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan Pemerintah Desa Cipanas.

Menurut Asep, permainan tradisional sudah semakin sulit dijumpai.  "Tujuan kami membuat tempat edukasi ini untuk melestarikan lagi permainan tradisional. Anak-anak sekarang kan jarang yang tahu permainan tradisional. Kemudian tempat ini juga kita buat untuk meminimalisir anak bermain dengan gawai," ujar Asep. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)