Cipinangpait Cibuluh Jadi Lokasi Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa


Baca juga : Cipinangpait Cibuluh Jadi Lokasi Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa


DPMD - Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya akan menjadi lokasi pelaksanaan program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang akan dilaksanakan sekitar Bulan Mei mendatang.

Menurut Kabid Kelambagaan dan SDM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Deni Nurdani ada beberapa kriteria suatu desa dijadikan lokasi BSMSS.  "Sebelumnya desa harus mengajukan lewat proposal, selain itu lokasi yang akan dikerjakan prioritas adalah akses jalan pertanian," jelas Deni Selasa (3/3/2020).

Diakui Deni, sebenarnya ada beberapa desa yang mengajukan untuk menjadi lokasi program BSMSS di Kabupaten Sumedang.  Selain Desa Cibuluh, ada juga Desa Tanjungwangi dan Desa Jembarwangi, namun setelah dilakukan survei Desa Cibuluh yang lebih cocok untuk dijadikan lokasi BSMSS.

Program BSMSS yang akan melibatkan anggota TNI di Desa Cubuluh rencannya akan mengerjakan perbaikan jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km dengan lebar 2 meter tepatnya di Blok Cirangkong.  "Jalan tersebut sebenarnya sudah ada, namun  kondisinya rusak dan kini akan dirabat beton," jelas Deni.

Lebih lanjut, dikatakan Deni, selain menuju akses pertanian di wilayah Desa Cibuluh, jalan inilpun nantinya bisa menghubungkan Dusun Cibuluh dengan Dusun Cipinangpait, Desa Sakurjaya. Untuk Program BSMSS ini lanjut Deni dianggarkan dana sebasar Rp 400 juta dari APBD Kabupaten.

"Tentunya kami berharap adanya program BSMSS ini akan turut mempermudah akses masyarakat ke sentra pertanian tersebut yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan petani," tandasnya. (end)


TMMD, DPMD

Berita Terkait