Penulis Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Ver

DARMARAJA - Kawasan Bendungan Jatigede memang banyak menyuguhkan destinasi wisata yang menarik banyak pengunjung saat libur lebaran, tak terkecuali dengan wisata Cisema yang terletak di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja.

Pada hari H+1 lebaran tepatnya Minggu, 23 April 2023, pengunjung terlihat memenuhi kawasan ini. Tak heran bila petugas keamanan parkir sibuk mengatur kendaraan yang masuk dan parkir baik roda dua maupun roda empat.

Bayu salah seorang petugas keamanan mengatakan kalau pengunjung meningkat luar biasa saat libur lebaran tahun ini.

"Dalam tiga tahun sebelumnya pengunjung tidak terlalu banyak, mungkin karena masih ramai covid, tapi lebaran tahun ini pengunjung benar benar meningkat," jelasnya.

Menurutnya, kawasan Cisema merupakan salah satu daerah yang paling dekat dengan permukaan air bendungan Jatigede, dan mungkin ini yang menarik bagi pengunjung.

Sementara itu Rita salah seorang pengunjung asal Majalengka mengaku baru pertama kali datang berwisata ke Jatigede dan langsung takjud melihat pemandangan areal Jatigede di Cisema.

"Saya diajak saudara untuk berwisata ke daerah ini, katanya pemandangannya mengasikan, dan setelah dibuktikan ternyata benar luar biasa indahnya," tambahnya.

Hal yang sama dikatakan Heni, pengunjung asal Sumedang Kota ini mengaku sudah dua kali berkunjung ke Cisema dan tidak membuatnya bosan. Selain ingin menikmati alam Bendungan Jatigede juga kangen dengan kuliner nasi liwetnya yang bisa makan sambil melihat pemandangan Jatigede.

Sementara itu banyak pengunjung yang datang ke daerah Cisema juga ternyata membuat bangga Ahya (80) salah seorang warga sekitar.

"Sebelumnya saya tidak menyangka kalau daerah Cisema akan seramai sekarang, dan tentunya ini cukup membanggakan karena Cisema lebih dikenal," jelasnya.

Diakui Ahya ia dan keluarga pindah ke Cisema karena tempat tinggalnya yang dulu menjadi daerah genangan Jatigede. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)