KPP - Command Center yang berada di Lantai III Gedung Utama Setda Komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang Rencananya akan diresmikan penggunaannya oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahyo Kumolo, Selasa (23/2/2021). Peresmian tersebut akan dilakukan dalam acara Sumedang Public Service and Digital Expolore.

Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang, Mamat Rohimat mengatakan, kelebihan dari command center ini adalah selain untuk pemantauan CCTV, juga menampilkan aplikasi untuk penilaian pegawai di lingkungan Pemkab Sumedang. "Ada penilaian pegawai, dari mulai sekda sampai staf golongan I, itu ada urutannya dari satu sampai terakhir. Jadi untuk memutuskan pegawai terbaik ada di situ, tidak usah ada testing-testing lagi," katanya, Jumat (19/2/2021).

Kelebihan lainnya, lanjut Mamat, adalah adanya aplikasi e-office, sistem penanggulangan stunting, perizinan, pariwisata dan lainnya. "Jadi comand center ini akan menampilkan data yang menjadi dasar untuk Pak Bupati, Pak Wabup, mengambil keputusan untuk meningkatkan pembangunan di Sumedang," tuturnya.

Sepengetahuannya, kelebihan pada command center Sumedang lebih banyak dibanding milik kota-kota besar seperti Surabaya, Kota Bandung, dan Semarang. "Sesuai dengan pengalaman saya beberapa kali studi banding ke Kota Bandung, Surabaya dan Semarang itu command center-nya hanya sebagai tempat pemantauan CCTV saja. Kalau Sumedang CCTV tetap ada tapi tidak jadi prioritas, prioritasnya adalah penyajian data yang sifatnya mempermudah pengambilan kebijakan bupati," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)