Cuaca Ektrem Hewan Ternak Sehat


Baca juga : Cuaca Ektrem Hewan Ternak Sehat
Hewan Peliharaan Anda Sakit? Periksa ke UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan


WADO - Kepala UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Wado, Ir. Leti Nuryati menyatakan meski cuaca ekstrem, kondisi ternak milik warga di wilayah kerjanya dalam kondisi baik.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan dari pemilik ternak ke pihak UPTD terkait keluhan kondisi hewan atau ternak.  "Ternak saat ini baik-baik saja walau musim hujan,  soalnya peternak biasanya apabila banyak ternak yang sakit suka banyak laporan dan minta pengobatan kepada pihak UPTD," ujar Leti, Kamis (9/1/2020).

Meski demikian, kata Leti pihaknya telah menyiapkan penanganan apabila ada ternak yang mengalami sakit akibat faktor cuaca.  "Persiapannya ya kita siapkan petugas dan tentunya obat serta langkah-langkah penanganan," katanya.

Leti mengaku, pihaknya  telah melakukan sosialisasi antisipasi kondisi hewan dan ternak menghadapi cuaca hujan. Agar pemilik ternak memelihara ternaknya agar terhindar dari penyakit.  "Kami sarankan pada warga pemilik ternak bisa menjaga kebersihan kandang, sanitasi dan hegenitas kandang, berikan vitamin untuk memperbaiki kondisi daya tahan ternak," ujarnya. (nsa)


Hewan Ternak, Pelayanan Kesehatan Hewan

Berita Terkait