Curug Cihonje, Keindahan yang Tersembunyi


Baca juga : Pemkab Sumedang MoU dengan NHI Bandung Bangun Ekosistem Parawisata
Sumedang Minta Ivendo Promosikan Wisata Sumedang
Curug Cihonje, Keindahan yang Tersembunyi


CISITU -  Curug Cihonje di pegunungan Margawati, Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu kini mulai jadi spot kunjungan wisata alam.  Curug dengan ketinggian sekitar kurang lebih 20 meter itu merupakan  hulu dari Sungai Cihonje yang mengalir ke wilayah Darmaraja. Airnya sangat jernih, sehingga membuat pengunjung nyaman untuk berendam. Di sekeliling bawah curug terdapat bebatuan yang menambah indah suasana curug.

Sebelum mendapatkan sentuhan, curug ini nampak biasa dan belum menjadi daya tarik untuk dikunjungi.  "Curug ini memang sudah lama ada. Tapi setelah banyak yang datang dan mendapatkan pemeliharaan malah menjadi daya tarik untuk wisata," ujar tokoh masyarakat setempat, Odih, Minggu (15/3/2020).

Untuk sampai ke Curug Cimarga, pengunjung bisa masuk dari arah jalan ke Batudua atau dari arah Pasiringkik, Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu sejauh kurang lebih 5 kilometer. Namun untuk penggunan kendaraan sebaiknya diparkir di pemukiman warga di Margamukti. Kemudian bisa meneruskan jalan kaki sepanjang 1,5 kilometer.  "Kami tinggal membereskan akses jalan ke curugnya. Karena hanya jalan setapak," katanya.

Warga yang pernah berkunjung ke Curug Cihonje, Hadi Barkah menyebutkan, nuansa curug sangat alami. Sehingga membuat betah pengunjung.   "Saya dan temen-temen sudah lima kali lebih berkunjung ke Curug Cihonje," ujarnya.

Curug Cihonje yang saat ini mulai dikenal orang, menjadi buruan para pehobi foto untuk memotret nuansa alam. (nsa)


Wisata, Promosi, Curug Cihonje

Berita Terkait