Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DPPKB) Kab. Sumedang, hari kamis tanggal (20/2/2020) telah melaksnakan Kegiatan FORUM PERNGKAT DAERAH yang di laksanakan di Ruang Rapat Kelurahan Kota Kaler Kab. Sumedang dengan Tema " Penguatan Infrastuktur Pelayanan Dasar yang Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Serta Mengoptimalkan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Agamis, Produktif dan Mandiri " Kegiatan tersebut untuk membahas rencana kerja di tahun 2021, Laporan Panitia di bacakan langsung oleh Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sumedang ( Hj. Nining Nurgantini, S.Sos ) Peserta yang hadir pada acara tersebut adalah Kelapa UPTD DALDUK Wiayah Se-Kab. Sumedang, Ketua IPeKB Kab. Sumedang, Ketua Juang Kencana Kab. Sumedang, Ketua TP-PKK Kab. Sumedang serta FDM Kecamatan Se-Kab. Sumedang.

Acara di buka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sumedang ( Hj. Ani Gestapiani, S.K.M.,M.A.P ) ada pun Narasumber dari Komisi III Dewan Perwakilan Daerah Kab. Sumedang ( H. Atang Setiawan ) dan dari BAPPPPEDA yang di wakili oleh Kepala Sub Bidang Sosial Kesehatan Tenaga Kerja dan Kependudukan BAPPPPEDA Kab. Sumedang ( Dra. Mety Supriatin, M.Si ), dalam Sambutannya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sumedang menyampaikan Penguatan Pelayanan kepada masyarakat yang menunjang pertumbuhan ekonomi serta mengoptimalkan Sumber Daya Manusia di lapangan.

Dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah ini memaknai dan menjalankan dengan niat yang sama serta harapan yang sama pula unsur dari pemerintahan sebagai Fasilitator sedangkan dari Dewan nya sebagai pembawa atau membantu pemerintahan kenapa penduduk harus di kendalikan ketika seluruh langkah bentuk pembangunan apapun kalau penduduk tidak di kendalikan tanpa menghiraukan pengendalian penduduk akan terjadi dampak sosial di masyarakat.

Masalah yang kita hadapi saat ini adalah masalah Stunting yang masih tinggi di Kab. Sumedang Gubernur Jawa Barat Mengeluarkan Gerakan Akademi Keluarga Jabar Juara (AKJJ) Kelas 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Program ini untuk meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Orang Tua yang memiliki Balita dan Anak, kegiatan ini di tunjukan kepada orang tua dan keluarga Baduta (Balita Dua Tahun) dimana dengan kegiatan AKJJ ini diharapkan edukasi mengenai pengasuhan menjadi cara terbaik untuk membekali para orang tua agar memiliki kemampuan mengasuh dan membina anak dengan baik demi mencapai tumbuh kembang anak yang optimal mnurut Kepala DPPKB.

Forum perangkat Daerah ini juga untuk menyukseskan SUMEDANG SMPATI di Tahun 2023 agar apa yang di cita-citakan akan terwujud demi masyarakat Kabupaten Sumedang serta menjadi Kota Buludru, menurut Narasumber ASN harus mengetahui Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumedang agar bisa menunjukan di mana saja tempat pariwisata yang ada di Sumedang, Acara di tutup oleh Sekertaris Dinas pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sumedang (Hj. Nining Nurgantini, S.Sos). 

(penerbit: sumedangkab.go.id)