SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMANGGUNG - Pasca terjadinya bencana longsor di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Sabtu (9/1/2021) berbagai bantuan terus mengalir untuk korban yang tertimpa bencana. Berdasarkan catatan Tim Tanggap Darurat bencana Kabupaten Sumedang hingga Minggu sore (17/1/2021) telah terkumpul dana sebesar Rp..2,250,000,400.

"Donasi ini berasal dari berbagai elemen masyarakat baik pemerintahan, komunitas, ormas bahkan ada juga dari perorangan," jelas Juru Bicara Tim Tanggap Darurat Bencana yang juga Kabag Humas dan Protokol Setda Asep Taufik, Senin (18/1/2021).

Dijelaskan Asep, donasi yang terkumpul ini dikelola secara transparan dan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat melalui aplikasi SITABAH.

"Aplikasi ini kami buat khusus untuk menginformasikan seputar perkembangan bencana longsor di Sumedang. Termasuk di dalamnya informasi donasi dari para donatur. Dan aplikasi ini didapat diakses di www.sumedangkab.go.id,"  tambahnya.

Sementara itu untuk memudahkan masyarakat yang ingin menyumbang dan menghindari terjadinya kerumunan massa disekitar posko bencana, pihaknya kini telah membuka rekening donasi.

Dengan demikian lanjut Asep, warga dari luar Kabupaten Sumedang yang akan berdonasi bisa langsung mengirimkannya melalui nomor rekening Bank BJB 0113092963100.

"Rekening ini untuk membantu warga dari luar Sumedang yang ingin memberikan donasi untuk para korban bencana," tambahnya seraya menyebutkan bahwa dengan cara ini para donatur dapat terhindar dari kontak erat atau kerumunan mengingat saat ini masih berada pada situasi pandemi covid 19. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)