SUMEDANGKAB.GO.ID.,KODIM - Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Inf. Zaenal Mustofa mengajak masyarakat agar tidak melakukan tindakan main hakim sendiri untuk menyelesaikan masalah, menyusul adanya kasus pemukulan terhadap personel TNI di wilayah Singkup, Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, belum lama ini.

"Saya kenal masyarakat Sumedang itu santun, jadi, mari kita mengedukasi masyarakat agar jangan mudah terprovokasi, jangan main hakim sendiri, karena akibatnya akan kembali pada diri masing-masing," ujarnya, Selasa (10/11/2020).
Menurutnya, tindak kekerasan tidak mencerminkan masyarakat Sumedang. Dengan adanya kasus tersebut, kata Dandim, harus dijadikan pelajaran, bahwasannya hukum harus ditegakkan.
"Jangan gampang terbawa emosi mengambil tindakan main hakim sendiri, ini yang sangat penting. Jangan karena kejadian kecil menyebabkan kerugian bagi pelaku yang akhirnya disesali," ujarnya.
Sementara Komandan Yonif Raider Mayor Inf. Wahyu Alfian juga menyangkan aksi kekerasan tersebut. Namun, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak kepolisian.
"Kami apresiasi Pak Kapolres beserta jajarannya yang langsung mengamankan tersangka dalam waktu yang tidak lama, mari sama-sama percayakan kasus ini kepada pihak kepolisian yang menanganinya," kata Danyon.
Danyon juga mengajak mengimbau masyarakat agar tidak mengutamakan kekerasan dan main hakim sendiri untuk menyelesaikan persoalan. Sebab, dengan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, dan malah menambah masalah baru. Danyon pun mengajak semua pihak.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)