Dandim dan Petani Panen Demplot di Pasanggrahan Baru


Baca juga : Dandim dan Petani Panen Demplot di Pasanggrahan Baru
Tentara dan Warga Tarunamanggala Bersihkan Lingkungan


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa bersama petani melakukan panen padi Demplot ketahanan pangan, yang merupakan program Bios 44 Kodim 0610/Sumedang di Kelurahan Pasanggrahan baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (27/08/2020).
Dandim menjelaskan bahwa Bios 44 merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme hasil dari cairan fermentasi, dengan keuntungan penggunaan yang efisien dan juga biaya sangat murah.
"Jika dihitung dengan rupiah Bios 44 ini sangat murah dibandingkan jika menggunakan pupuk kimia untuk pertanian. Bios ini juga memiliki keunggulan tidak saja hanya untuk pertanian tetapi dapat diterapkan juga untuk peternakan, perikanan serta juga bisa digunakan untuk merestorasi lahan gambut dan tandus, " jelas Dandim.
Program Bios 44 merupakan upaya yang diharapkan dapat memotivasi petani untuk menggunakan Bios 44 sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang. 
Karyana seorang anggota kelompok tani Parigi mukti mengatakan hasil panen berbeda dari sebelum memakai Bios 44, karena sesudah memakai bios 44, kerusakan karena diganggu hama tikus jadi sedikit bahkan sama sekali tidak ada. Lahan yang diuji coba Bios 44 DC Kodim 0610/Sumedang ini dilaksanakan dengan luas lahan 60 bata  dengan memakai varietas padi hibrida, hama tikus jadi sedikit bahkan bisa dibilang jadi tidak ada," ***(rsi)


Demplot, TNI

Berita Terkait