SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL- Pemuda di Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel akan berupaya menjaga sumber mata air di wilayahnya. Sumber mata air di wilayah Jayamekar berpotensi untuk dikelola dan bisa menghasilkan pendapatan desa. Pasalnya dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Cibugel sumber airnya berasal dari sumber mata air di Jayamekar.

"Mata air yang melimpah di sejumlah sumber mata air di wilayah Jayamekar bisa dikelola untuk kebutuhan air semua warga di Kecamatan Cibugel. Perlu ada pengaturan dan tata kelola sehingga sumber air ini bisa menghasilkan pendapatan bagi desa," ujar tokoh pemuda yang juga Ketua BUMDesa Jayamekar, Budi Sukroni, Sabtu (22/8/2020).

Budi menyebutkan, selama ini sumber mata air belum terkelola dengan baik. Sehingga banyak debit air yang terbuang begitu saja.

"Yang menjadi persoalan kalau memasuki musim kemarau yang agak panjang kadang wilayah Cibugel kesulitan air. Padahal banyak sumber mata air yang sebenarnya bisa menjadi cadangan ketika memasuki musim kemarau. Namun karena tak terkelola akhirnya sumber mata air juga kering," ucapnya.

Dengan kondisi itu, kata Budi, pihaknya akan melakukan inventarisir sumber mata air untuk kemudian dilakukan penataan seperti membangun embung penampung air. Kemudian memasang pipanisasi dan pengaturan aliran debit air di embung penampung.

"Selanjutnya kami juga akan berkonsultasi dengan ahli tata kelola air," ucapnya.

Selain akan melakukan tata kelola sumber mata air. Rencananya pemuda Jayamekat juga akan melakukan penguatan di wilayah sumber mata air dengan melakukan penghijauan atau reboisasi di wilayah lahan yang gundul.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)