Desa Ciawitali Miliki Layanan Aplikasi Sispenduk


Baca juga : Desa Ciawitali Miliki Layanan Aplikasi Sispenduk
Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


BUAHDUA - Pemerintah Desa Ciawitali, Kecamatan Buahdua terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.  Sejak memiliki jaringan internet, Pemdes Ciawitali memanfaatkannya dengan membuat aplikasi pelayanan berbasis web.

"Kami betul-betul memanfaatkan jaringan internet yang ada untuk kepentingan pelayanan masyarakat, salah satunya dengan membuat aplikasi sistem pelayanan kependudukan (Sispenduk) Desa Ciawitali," kata Sekretaris Desa Ciawitali, Fredi Supriadi, Sabtu (1/2/2020).

Aplikasi pelayanan kependudukan ini, kata Fredi, sudah berjalan sejak Tahun 2019 lalu.  Adapun pelayanan yang ada dalam aplikasi sispenduk diantaranya permohonan KK, KTP, dan surat keterangan ahli waris.  "Semua pelayanan kependudukan ada di aplikasi ini," katanya.

Dikatakan Fredi, dengan aplikasi pelayanan ini warga yang perlu membuat surat keterangan hanya perlu mendaftar melalui aplikasi tersebut, tanpa harus datang ke kantor desa. Surat keterangan nantinya akan dicetak oleh petugas desa.  "Ketika permohonannya sudah selesai dibuat, warga tinggal ngambil ke kantor desa. Jadi tidak perlu lagi menunggu proses membuatnya di desa. Bahkan kalau warga tidak sempat ngambil, kami yang akan mengantarkan ke alamat rumahnya," katanya.

Menurutnya, di aplikasi tersebut sudah ada data base semua warga desa.  “Hampir semua warga Desa Ciawitali sudah memiliki ponsel berbasis Android. "Tinggal masukan user name dan NIK saja. Asal ada jaringan internet," katanya.

Dengan aplikasi ini diharapkan semakin mempercepat proses pelayanan. "Meski kami berada di pelosok, tapi kami tidak boleh tertinggal, harus mengikuti zaman era digital," kata Fredi. (agn)


Ciawitali, Aplikasi Sispenduk,

Berita Terkait