CIBEUREUM - Pemerintah Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka membangun saluran irigasi sepanjang 167 meter di blok persawahan Bayongbong, Dusun Batusaeur Kulon. Irigasi untuk meningkatkan potensi pertanian desa.

Proyek pembangunan ini bertujuan mengoptimalkan fungsi saluran untuk perairan  lahan pertanian. "Pembangunan saluran irigasi air Blok Bayongbong ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi saluran air agar pengairan saluran irigasi tersebut berjalan lancar," kata Penjabat Kades Cibeureum Kulon Suhena, S.Sos, Rabu (18/12/2019).

Dengan adanya pembangunan saluran irigasi air ini diharapkan mampu memenuhi pasokan air ke lahan persawahan masyarakat yang ada.  "Dengan adanya pembangunan irigasi ini maka pasokan air ke lahan persawahan semakin baik," katanya.

Suhena mengungkapkan bahwa irigasi yang baik akan meningkatkan pertumbuhan padi dan meningkatnya hasil pertanian saat musim panen.  "Jika kebutuhan air mencukupi tentu pertumbuhan tanaman padi akan ikut subur dan produksi panen juga meningkat yang berdampak pada peningkatan hasil yang maksimal pada saat musim panen," ujar Suhena. [rtn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)