SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA – Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) untuk kemudian merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMDi.

“MMD perlu dilakukan untuk menunjang masyarakat yang sehat. MMD dilaksanakan setelah SMD  dan hal ini penting dilakukan untuk menanggulangi masalah kesehatan yang ada di masyarakat,” kata Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Cimalaka Hj. Ratna Wulan, S.ST.,M.Tr., (21/12/2019).

Ratna menambahkan pula survey yang dilaksanakan tidak hanya mengenai kesehatan perorangan saja melainkan pelayanan kesehatan.

"Survey yang dilakukan secara random sampling kepada masyarakat, ditemukan beberapa gangguan dan permasalah kesehatan," tambahnya.

Sama halnya yang disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Cimalaka, Pj. Kepala Desa Cibeureum Kulon mengharapkan MMD dapat menjadi solusi dalam persoalan kesehatan sehingga dapat mengatasi masalah dengan cepat dan juga tepat. MMD dapat merujuk pada keinginan agar persoalan tentang kesehatan yang terjadi di masyarakat dapat diatasi dengan cepat dan tepat.***(rtn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)