Desa Cibugel Daur Ulang Sampah


Baca juga : Desa Cibugel Daur Ulang Sampah
Inilah Yang Bisa Dilakukan Untuk Membahagiakan Pasukan Kuning


CIBUGEL-  Pemerintah Desa (Pemdes) Cibugel, Kecamatan Cibugel mencanangkan Cibugel bebas sampah. Upaya tersebut, telah dilakukan dengan adanya bangunan penampung sampah yang sudah dibangun di Desa Cibugel .

Anggota BPD Cibugel, Tahya menyebutkan, dibangunnya penampung sampah,merupakan gagasan pihak desa dan BPD. “Sampah yang berasal dari setiap warga bisa menjadi hal yang produktif. Selain upaya menjaga kebersihan seperti pola hidup sehat, sampah dari warga juga bisa diberdayakan,” ujarnya, Minggu  (12/1/2020).

Menurutnya, Pemdes Cibugel sudah menyosialisasikan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. “Desa Cibugel selain sudah ada bangunan penampung sampah juga sudah memiliki mesin pencacah untuk mendaur ulang sampah,” katanya.

Dengan demikian, kini warga dituntut untuk bisa memberdayakan sampah menjadi sesuatu yang  berguna. “Dengan adanya mesin pencacah atau mesin daur ulang, kami juga membidik lapangan pekerjaan buat warga. Karena proses daur ulang sampah yang nantinya akan menghasilkan pupuk tentunya akan menghasilkan pendapatan,” tuturnya.

Ia menyebutkan, saat ini untuk mendukung hal itum pihak desa sudah memiliki bangunan penampung, mesin pencacah dan gerobak sampah.  Masyarakat Cibugel yakin desanya akan terbebas sampah, karena dengan sendirinya warga akan sadar membuang sampah dan menjualnya ke tempat pengolah sampah. (nsa)


Cibugel Bebas Sampah, Kota Buludru

Berita Terkait