UJUNGJAYA - Pemerintah Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya menggelar upacara tradisi 'Guar Sejarah Cibuluh'  Milangkala ke-45 Desa Cibuluh, Kamis (21/11/201). Dalam acara tersebut panitia juga memberikan cinderamata kepada mantan kepala desa dan perangkat desa.

Kepala Desa Cibuluh Sukirman mengatakan, kegiatan Guar Sejarah Cibuluh mengulas dimulainya ada kampung Cibuluh sampai menjadi sebuah desa. Dari mulai adanya Kepala Desa Cibuluh pertama hingga Kepala Desa Cibuluh sekarang.

Adapun, pemberian cinderamata diberikan kepada kepala desa, perangkat dan lembaga desa yang telah berjasa membangun Desa Cibuluh dari mulai pertama terbentuk sekitar 1974 hingga sekarang. Baik yang sudah meninggal ataupun masih ada. "Kurang lebih sebanyak 65 orang akan menerima cinderamata dari Pemerintah Desa Cibuluh," ujar Sukirman.

Selain itu, Milangkala Desa  juga diwarnai dengan kegiatan khitanan massal yang diikuti 11 anak dari Desa Cibuluh.  "Kami juga melakukan ziarah kubur ke makam Eyang Wanapraja/Buyut Jangkung yang merupakan 'karuhun' Desa Cibuluh yang membuka lembur Cibuluh,"  katanya.

Selain kegiatan tersebut, juga digelar dzikir bersama seluruh warga Desa Cibuluh sekaligus menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.  "Dari kegiatan ini, kami berharap agar warga, terutama generasi muda mengetahui sejarah Desa Cibuluh dari mulai terbentuk hingga seperti sekarang. Kemudian, memotivasi warga dan generasi muda agar bisa lebih membangun dan memajukan Desa C ibuluh kedepannya," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)