CONGGEANG -  Pemerintah Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang menganggarkan Rp 15 juta untuk meluncurkan aplikasi Sistem Manajemen Desa (Simades).  Selain meluncurkan aplikasi Simades, Desa Cipamekar juga sudah mempunyai website, yaitu cipamekar.desa.id. Website itu merupakan resmi dari Kominfo. 

"Saat ini sudah berjalan namun belum dilaksanakan launching karena pendataannya belum selesai. Kami menunggu pendataan tiga RT yang belum masuk sekaligus data prodeskel. Sebenarnya, Simades dan Prodeskel sangat erat kaitannya. Kalau Prodeskel selesai, pendataan Simades dapat diakses dan sangat akurat," kata Kepala Desa Cipamekar Deden Darmawan, Jumat (14/2/2020).

Deden menjelaskan, launching aplikasi Simades sendiri diperkirakan akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan. Kemungkinan antara April atau Mei 2020. "Pelayanan publik terkait surat menyurat bagi warga ada di aplikasi tersebut dan dapat langsung dibuka di HP android. Passwordnya gampang tinggal membuka NIK kita," katanya.

Aplikasi Simades merupakan aplikasi untuk pemerintahan desa yang memang ada di playstore.Jadi warga tinggal mendownload aplikasi tersebut. "Kalau website sudah berjalan. Jadi warga tinggal melihat website tersebut dan dapat mengakses langsung program desa," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)