WADO - Pemerintah Desa Cimungkal, Kecamatan Wado mengajak masyarakatnya untuk memberdayakan produksi pangan terutama di bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Pasalnya pemberdayaan produksi pangan bisa membantu warga lainnya pada masa pandemi wabah seperti sekarang. "Warga bisa membantu kondisi saat ini karena produksi pangan itu bisa dikonsumsi atau dijual dan mendapat uang tambahan," kata Kades Cimungkal, Dede Rustandi, Kamis (7/5/2020).

Dede mengatakan pihaknya menyarankan agar warga bisa memilih usaha seperti produksi yang berhubungan dengan pangan agar bisa membantu ketahanan pangan saat pandemi Covid-19 ini. "Mungkin seperti memanfaatkan pekarangan rumah warga, untuk dijadikan kebun makanan. Baik ditanami sayuran, ikan. Atau pilih usaha lain yang bisa membantu warga yang terkena dampak kondisi saat ini," ujarnya.

Menurutnya, usaha yang kurang cocok untuk kondisi saat ini adalah usaha pascapanen atau kerajinan karena pasarnya pun sedang tidak stabil dan yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah ketahanan pangan. Secara geografis wilayah Desa Cimungkal adalah sebagian besar lahan kebun. Maka cocok untuk pemberdayaan usaha yang berhubungan dengan pangan. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)