Desa Cimungkal Tindak Penebang Pohon di Sumber Mata Air


Baca juga : Desa Cimungkal Tindak Penebang Pohon di Sumber Mata Air
Petani Cimungkal Pilih Tanam Cabai
Peternak Ayam diminta Waspada


WADO - Pemerintah Desa Cimungkal, Kecamatan Wado akan melakukan tata kelola air bersih. Banyaknya sumber mata air di wilayah Cimungkal bukan jaminan air bersih selalu tersedia hingga musim kemarau.  "Air bersih itu aset yang harus dikelola dengan baik. Air merupakan kebutuhan utama masyarakat. Makanya kita akan fokus melakukan tata kelola air bersih," ujar Kades Cimungkal, Dede   Rustandi, Minggu (26/1/2020).

Menurutnya, langkah tata kelola air bersih dengan cara memelihara sejumlah sumber mata air yang ada di kaki Gunung Cakrabuana.  "Kami pelihara pepohonan di sekitar sumber mata air. Bahkan kami akan menindak jika ada orang yang menebang pohon di wilayah sumber mata air," ucapnya.

Dede menambahkan, selain memelihara pepohonan di areal sumber mata air, pihaknya juga berencana membangun embung atau bak penampung air dalam kapasitas besar agar air yang mengalir dari sumber mata air tidak terbuang percuma.  "Baru dari embung- embung nanti kita salurkan ke warga," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat agar bersama-sama menggunakan air secara efektif. Sehingga ketersedian air bersih bisa terus ada.  "Efesiensi air bersih akan terasa pada musim kemarau. Jadi jangan sampai warga saat musim kemarau kekurangan air," ujarnya. (nsa)


Mata Air, Cimungkal, Wado

Berita Terkait