CIUYAH - Pemerintah Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua, mendorong warga untuk bersama-sama menggalakkan budidaya ikan koi. Saat ini, mayoritas warga Ciuyah merupakan petani.

Menurut Pjs. Kepala Desa Ciuyah, Heri Adam, budidaya ikan koi berpotensi besar untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Budidaya ikan koi merupakan salah satu inovasi dari masyarakatnya. "Ceritanya, karena di daerah kami banyak kolam, warga pun akhirnya mencoba memanfaatkan kolam-kolam itu sebagai peluang bisnis. Kebetulan Pak Kadus di Ciuyah ini hobi dan paham cara budidaya ikan koi, jadi warga pun akhirnya tertarik untuk ikut budidaya ikan hias ini," katanya, Minggu (5/4/2020).

Heri menuturkan, dengan makin banyaknya warga yang mengembangkan usaha budidaya ikan koi , maka Pemdes Ciuyah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lurgeta, akhirnya berinisiatif untuk ikut mendorong budidaya ikan asal Jepang ini.

Selain mengembangkan langsung budidayanya, BUMDes Lurgeta juga ke depannya akan lebih fokus membantu mengakomodasi kebutuhan bibit ikan, berikut membantu fasilitasi pemasarannya. "Sekarang BUMDes kami sudah mulai mencoba ikut budidaya. Hanya, karena belum memiliki modal besar, jadi budidaya ikan koi ini masih menggunakan bibit lokal," katanya.

Sehingga ke depan, kata Heri, pihaknya akan mencoba menyiapkan bibit yang bagus.  Selain menyiapkan bibit, BUMDes Lurgeta juga membantu pemasaran ikan koi. "Jadi kalau ada warga yang perlu bibit, mereka nantinya bisa sewa dari BUMDes. Untuk biaya sewanya bisa dengan sistem bagi hasil atau dengan hasil pembibitan," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)