DINKES – Desa-desa di Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat ini akan segera memiliki perawat kesehatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang akan meluncurkan program perawat pembina desa

Kepala Dinkes Dadang Sulaeman mengatakan program perawat pembina desa ini dimaksudkan untuk mendekatkan.pelayanan pada masyarakat.  "Perawat pembina desa ini nantinya bisa memberikan bantuan terkait penyakit yang diderita masyarakat terutama untuk penyakit-penyakit tidak  menular seperti hipertensi, diabetes, dan yang lainnya," kata Dadang Sulaeman, Senin (27/1/20).

Menurutnya, dengan rutin memeriksakan kesehatannya pada perawat desa diharapkan masyarakat akan terbantu. “Penderita hipertensi, nantinya setiap saat yang bersangkutan bisa memeriksakan tensi sehingga terkontrol, begitupum dengan penderita diabet bisa mengontrol kadar gula darahnya,”  kata Dadang.

Dijelaskan Dadang, data per KK terkait kesehatan dan penyakit yang diderita masyarakat sebenarnya telah terekap lewat kegiatan  Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK).  "Pendataan terkait kesehatan setiap KK ini telah dilakukan Puskesmas sesuai wilayah kerjanya," kata  Dadang.

Disebutkan,  dari data inilah  perawat pembina desa ini nantinya sudah memiliki data terkait apa saja yang harus dilakukan ketika yang bersangkutan turun ke desa. “Saat ini Dinkes masih melakukan pendataam terkait jumlahnya, mudah mudahan dalam waktu dekat ini program perawat pembina desa bisa segera dilaksanakan,” katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)