Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

RANCAKALONG - Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong terus bersiap guna menghadapi penilaian akhir program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan dilakukan awal Desember 2023.

Ketua TP PKK Desa Pasirbiru Lilis Rohaeti mengatakan semua komponen yang terlibat dalam program P2WKSS di Desa Pasirbiru telah siap dilakukan penilaian. "Sebelum penilaian akhir tingkat provinsi awal Desember mendatang, kami juga telah dinilai oleh tim Kabupaten pada awal November kemarin," jelas Lilis, Minggu (12/11/2023).

Diakui dia, adanya program P2SKSS di Desa Pasirbiru ini memang patut disyukuri karena lewat program.ini pengetahuan dan keterampilan masyarakat meningkat khususnya kaum perempuan yang terlibat secara langsung. "Tidak dapat kami pungkuri kini masyarakat terutama untuk 100 KK binaan telah meniliki keterampilan lebih berkat bimbingan semua yang terlibat dalam program P2WKSS sehingga harapannya tercipta perempuan yang tangguh dapat tercapai," jelasnya.

Khusus untuk program Sekolah Perempuan Gapai Impian dan Cita cita (Sekoper Cinta) pelaksaanaan wisudanya akan dilakukan pada 22 Desember 2023. Program P2WKSS juga kebersihan dan keasrian lingkungan warga lebih tertata lebih baik sehingga pada gilirannya kesehatan lingkungan juga lebih meningkat. "Tentunya kamipun berharap program P2WKSS yang dilaksanakan di Desa Pasirbiru ini dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Sebelumnya Desa Pasirbiru terpilih menjadi lokasi program P2WKSS yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dimana satu Kabupaten diwakili oleh satu desa. Program ini berjalan kurang lebih 8 bulan dan penilaian dilakukan diawal sebelum program dilaksanakan dan diakhir setelah program dilaksanakan. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)