Desa Sekarwangi Ingin Ngenjot PADes


Baca juga : Desa Sekarwangi Ingin Ngenjot PADes
Ada Kampung Kolor alias Celana Pendek di Buahdua


BUAHDUA - Pemerintah Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua bersama BPD dan LPM  berinovasi membuat   warung/pujasera. Warung warung itu dibuat untuk menciptakan pendapatan asli desa (PADes)  bagi Desa Sekarwangi.

"Ini murni inovasi Kepala Desa bersama BPD dan LPM Desa Sekarwangi untuk menciptakan PADes bagi Desa Sekarwangi," ujar Kades Sekarwangi Ade Nanan, Jumat (28/11).

Dikatakan, anggaran pembuatan warung warung itu merupakan ikhtiar Kepala Desa bersama BPD dan LPM Desa Sekarwangi.  Pembuatan warung tidak menggunakan anggaran untuk Desa, baik DD ataupun ADD.

Kedepannya, kata dia, warung akan ditambah untuk dikelola oleh Bumdes. Penyewaan warung sendiri diutamakan bagi warga Desa Sekarwangi.  Namun, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan oleh warga desa lain. Terpenting, bisa menghasilkan PADes bagi Desa Sekarwangi.

"Rencana lainnya, untuk menciptakan PADes kami juga akan menata dan mengelola pemandian umum Cipanas Sekarwangi dengan penghasilan dari pengelolaan parkiran," katanya.

Kades menuturkan, selain pembangunan warung/Pujasera, Pemdes Sekarwangi juga telah melakukan penataan GOR desa dan jalan lingkungan untuk ke makam di Blok Sampalan Waru dan jalan tengah Dusun Cipatat dengan rabat beton. Sementara, di Dusun Lebaknaga dibuatkan jalan gang.

"Kami juga telah mengupayakan memperluas tanah makam di Kebon Dalem dari hasil Nazir Wakaf Yayasan Pangeran Sumedang seluas 700 M2," ujarnya. (agn)


Inovasi Desa, One Village One Product

Berita Terkait