SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL- Pemerintah Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinungggal mengimbau warga untuk tetap memelihara saluran irigasi. Pemeliharaan irigasi sangat penting karena sebagai sarana pendukung utama dalam bidang pertanian. Saat ini para petani pemilik sawah di Desa Sirnasari sedang mengerjakan tahap penanaman padi di sawah milik masing-masing warga.

"Kami pemerintah desa sangat konsen memelihara saluran irigasi. Hanya kewajiban memelihara irigasi juga seharusnya dibantu oleh petani," ujar Sekdes Sirnasari, Khair Nur Ilman, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya, kelancaran produksi tanaman padi sangat bergantung pada kondisi irigasi. Jika irigasi dalam kondisi baik sulpai air untuk pengairan sawah akan baik pula. Karena kulaitas padi lebih banyak dipengaruhi pasokan air.

"Paling tidak jika ada irigasi yang rusak, seperti bocor, temboknya rubuh dan hambatan lainnya. Petani bisa saling membantu memperbaikinya. Sebelum nantinya pemdes turun tangan," katanya.

Ia menggambarkan saluran irigasi di Desa Sirnasari diantaranya, saluran irigasi Cialing 2 Binuang mengairi sawah di Blok Citerasan, Blok Cikopeng, Cijeruk dan Blok Cihayam. Kemudian saluran irigasi Cialing 3 Leuwibanen mengairi sawah Blok Burung Nanggay, Blok Sawah Eceng, Blok Galumpit, Sada Kembang, Blok Pojok, dan Blok Cibugang Oray.

"Kami memiliki saluran irigasi sepanjang puluhan kilometer. Untuk itu harus ada kerjasama antara warga dan Pemdes dalam merawat irigasi," ucapnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)