JATINUNGGAL - Warga Desa Sukamanah, Kecamatan Jatinunggal harus  mempersiapkan mental usaha. Adanya  pasar tradisional yang dibangun oleh Pemdes Sukamanah harus dimanfaatkan oleh warga. "Mudah-mudahan pasar desa yang sudah dibangun dijadikan tempat berdagang warga lokal atau warga Sukamanah," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Sukamanah, Aman Kahpi Permana, Senin (13/1/2020).

Wilayah Desa Sukamanah saat ini bisa dijangkau dari jalan lingkar timur. Hal itu merupakan satu keuntungan bagi masyarakat desa tersebut.  Sekdes menyebutkan, adanya jalan lingkar timur akan menjadi akses alternatif menuji wilayah Majalengka oleh pengendara. "Jalan lingkar dan adanya pasar desa merupakan salah satu jalan untuk masyarakat Sukamanah mulai berbenah dan merancang usaha," katanya.

Oleh karenanya, masyarakat dituntut kreatif dalam mengelola potensi yang ada, seperti produksi gula aren. 
Produk unggulan tersebut bisa dikembangkan dengan membuat olahan lain yang bisa menarik minat konsumen.
"Kalau kreatif, dengan bahan baku gula aren saja bisa tercipta sebuah produksi makanan yang bikin konsumen melirik," katanya.

Dikatakan, warga harus mulai dari sekarang mengasah mental usaha dan meningkatkan daya kreatif masyarakat dalam mengolah produk unggulan. Sehingga sarana dan prasarana pendukung bisa dimanfaatkan dengan baik. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)