JATINUNGGAL - Desa Sukamanah, Kecamatan Jatinunggal merupakan salah satu sentra sapi di Kabupaten Sumedang. Bagi mayoritas warga Sukamanah, memelihara sapi sudah menjadi bagian hidupnya  dari memelihara sapi tersebut warga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari pada pendapatan bercocok tanam padi.

"Sampai saat ini di Desa Sukamanah ada sekitar 1.700 lebih ekor sapi yang dipelihara warga, dari jumlah tersebut, dipelihara oleh kelompok dan individu," ujar tokoh tani Desa Sukamanah, Didin Cahrodin, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya dari jumlah tersebut membuat Desa Sukamanah menjadi populasi sapi terbanyak di wilayah Sumedang Timur. "Dari data yang ada di desa kami memang paling banyak yang memelihara sapi, baik itu oleh kelompok maupun individu, jadi selain petani biasa, warga kami juga pasti memelihara sapi, justru dari memelihara sapi itu warga kami bisa tercukupi kehidupannya," kata Didin.

Saat ini, sapi yang dipelihara di Sukamanah menghasilkan kualitas yang baik. Karena proses pemeliharaan dilakukan dengan telaten.  "Mengembangkan ternak sapi juga didukung oleh berbabagi pihak. Bahkan banyak bantuan berupa pemeliharaan kesehatan, olah pakan alternatif dan lainnya agar sapi bisa dijaga kualitasnya," kata Didin.

Dalam momen tertentu, pemasaran sapi dari Sukamanah ini mencapai Bandung dan Jakarta bahkan ke luar Jawa Barat. (nsa).

(penerbit: sumedangkab.go.id)