DARMARAJA - Pemerintah Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja melakukan perbaikan drainase/ saluran air di sepanjang jalan lingkungan di Dusun Pasirlempah.  Selain sebagai upaya memperlancar saluran air. Drainase yang dibangun juga sebagai penguat tepian jalan. "Saluran irigasi yang ada di pemukiman, diupayakan tidak sampai ada genangan air kotor, karena genangan air tersebut biasanya yang menyebabkan ketidaknyamanan,,"kata Kepala Desa Sukamenak, Wawat Suwati, Minggu (30/8/2020).

Wawat mengatakan, sebelumnya kondisi drainase banyak yang dalam kondisi rusak. Kerusakan menyebabkan arus air saat musim hujan mengalir ke pemukiman.  "Kalau arus airnya banyak bahaya bisa masuk rumah warga. Untuk itu setiap titik yang rusak harus segera diperbaiki sebelum musim hujan," katanya.

Wawat mengatakan perbaikan irigasi dibiayai salah satu bantuan ke desa. Ditambah swadaya masyarakat dalam bentuk tenaga kerja.  "Target perbaikan semua drainase di jalur-jalur jalan kampung. Jadi perbaikan bisa saja dilakukan juga tahun depan," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)