Desa Sukapura Realisasikan Pembangunan


Baca juga : Desa Sukapura Realisasikan Pembangunan
Peternak Ayam diminta Waspada


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Desa Sukapura, Kecamatan Wado terus genjot sejumlah program pembangunan di wilayahnya. Sejumlah program pembangunan yang sudah direalisasikan diantaranya pembangunan jalan rabat beton, pembanguann Tembok Penahan Tanah (TPT) yang tersebar di tiga dusun. Kemudian pembangunan 25 gang pemukiman serta perbaikan insfrastruktur  lapang sepak bola yang bersumberkan berbagai anggaran.

Pemdes Sukapura juga mengaspal jalan di tiga dusun sepanjang 3.5 Kilometer dengan biaya Rp 890 Juta yang merupakan bantuan dari Satker Proyek Waduk Jatigede sebagai bantuan wilayah yang terkena dampak jalan lingkar Jatigede.

Tak hanya itu, Desa Sukapura juga mendapatkan bantuan dari Pemkab Sumedang melalui Dinas PU untuk membangun gang sebagai sumbangsih binaan P2WKSS yangsempat mendapat juara harapan Tingkat Provinsi Jabar.

Untuk program kesehatannya, Pemdes Sukapura mendapat bantuan Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) dari hibah intensif kabupaten (HIK). Dengan bantuan tersebut warga tidak kekurangan lagi air bersih karena sudah disebar ke rumah-rumah warga dengan dikelola oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Tirta Walatra Desa Sukapura.

Kepala Desa Sukapura, Dahman Rukmana mengatakan,dengan banyaknya bantuan dan tingginya swadaya masyarakat dalam tempo singkat mampu mewujudkan berbagai pembangunan. Menurutnya pembangunan di pedesaan sangatlah penting sebagai pemicu pembangunan secara keseluruhan.

“Dengan kemudahan insfrastruktur dan berbagai fasilitas pendukung, saya yakin kesejahteraan warga akan cepat dirasakan,” ujarnya.

Pembangunan terwujud tentunya karena dilakukan sepenuhnya oleh warga. Pemdes Sukapura juga bertekad akan terus berupaya mewujudkan pembangunan secara merata di wilayahnya agar semua warga bisa merasakan dari pembangunan itu.***(nsa)


desa sukapura, wado

Berita Terkait